Sabtu, 14 Januari 2012

PENGENDALIAN MYASIS..............................By. Chandra URL


Ø  PENGOBATAN MYASIS PADA HEWAN
Myasis pada hewan terjadi pada daerah-daerah tertentu di Indonesia (daerah endemis), seperti Sulawesi, Sumba Timur, Pulau Lombok, Sumbawa, Papua dan beberapa daerah di Jawa. Penganganan Myasis pada hewan ternak pun seringkali bervariasi dijalakan sesuai dengan daerah dimana ditemukan kasus myasis. Misalnya di Sumba Timur pernah dilakukan pengobatan pada hewan yang terkena myasis dengan menggunakan karbamat (MIPCIN 50 WP) dan Echon. Kedua preparat ini cukup berbahaya karena merupakan insektisida sistemik sehingga banyak dilaporkan adanya keracunan pada ternak pascapengobatan. Masyarakat setempat pun sering menggunakan ramuann trradisional seperti tembakau, batu baterai yang dicampur dengan oli, yang selanjutnya dioleskan pada luka. Pengobatann ini bertujuan uuntuk mengeluarkan larva dari luka, namun bisa berakibat iritasi pada kulit (Wardhana et al, 2003).
Pengendalian kejadian myiasis di PT BULI, Makassar dilakukan dengan cara melakukan perendaman (dipping) rutin dua kali seminggu dengan mencampur 6 liter Ecoflee® dengan 3 m3 air. Larutan ini dapat digunakan selama 1,5 tahun dan dilaporkan cukup efektif untuk pengendalian penyakit myiasis . Berbagai preparat telah dicoba untuk mengobati ternak yang menderita myiasis yaitu asuntol, lezinon, rifcord 505 dan campuuan kapur, bensin serta vaselin . Ramuan yang dilaporkan cukup efektif untuk pengobatan myiasis di PT BULI yaitu campuran dari 50 g yodium, 200 ml alkohol 75% dan 5 ml Ecoflee° yang selanjutnya ditambah air hingga satu liter. Ramuan ini langsung disemprotkan pada luka yang mengandung larva sehingga larva keluar dan luka menjadi mengecil. Pengobatan ini dilakukan dua kali dalam seminggu dan digunakan hingga sekarang (Wardhana et al, 2003).
Para dokter hewan umumnya menggunnakan menggunakan Gusanex untuk mengobati myiasis, namun obat ini telah jarang dijumpai. Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Indonesia dalam menciptakan ramuan yang tentunya efektif dalam pengobatan myasis pada hewan. Wardhana et al (2004) dan Muharsini et al (2004) mengembangkan insektisida botanis dari biji srikaya dan mindi, sedangkan Muharsini et al (2003) memanfaatkan Bacillus thuringiensis untuk dijadikan bioinsektisida. Beberapa minyak atsiri, seperti minyak atsiri nilam dan akar wangi juga telah dicoba secara in vitro sebagai insektisida botanis dan terbukti mampu mematikan larva C. bezziana.


Ø  PENGOBATAN MYASIS PADA MANUSIA
Pengobatan myasis pada manusia pun bervariasi. Pada kasus manusia sebaiknnya si pasien dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan pengobatan secara lokal maupun sistemik.  Pengobatan sistemik dimaksudkan untuk mengobati infeksi sekunder yang menyertai myiasis
Sperti infeksi bakteri dann lain sebagainya, yaitu dengan pemberian antibiotic berspektrum luas atau antibiotik yang sesuai dengan hasil kultur bakteri yang berasal dari luka myiasis dan
resistensi kuman . Pengobatan lokal dilakukan dengan menggunakan kloroform dan minyak turpentin (1 : 4) yang dilanjutkan dengan pengambilan larva secara manual menggunakan pinset. Penderita akan bersih dari larva dalam waktu dua hingga tiga hari dan diijinkan meninggalkan rumah sakit dalam waktu lima sampai tujuh hari (Mangunkusumo dan Utama,
1999). Kumarasinghe et al (2000) 'melaporkan pengobatan pasien myiasis di Sri Lanka menggunakan mineral turpentin.
Minyak atsiri daun sirih berpotensi untuk dikembangkan menjadi obat myiasis pada manusia. Efek larvasidal minyak atsiri ini telah diuji secara in vitro pada larva C. megachepala dan C. bezziana dengan hasil yang memuaskan (Kumarasinghe et al, 2002 ; Wardhana, unpublished). Uji in vivo pendahuluan pada domba menggunakan krim minyak atsiri daun sirih menunjukkan hasil cukup memaaskan, yaitu mampu menurunkan bobot larva sampai 40% dan menghasilkan bobot pupa di bawah normal sehingga tidak mampu menetas menjadi imago. Oleh karena itu, perlu dilakukan uji lanjutan dengan menguji berbagai macam sediaan yang berbeda dengan bahan pembawa yang berbeda, misalkan pembuatan formula salep, formula spray (semprotan) dan lainnya (Wardhana, unpublished). Disamping bersifat larvasidal, minyak atsiri daun sirih mempunyai sifat antibakterial yang khasiatnya lima kali lipat dibandingkan dengan fenol biasa.

Ø  PENURUNAN POPULASI LALAT
Populasi lalat sebagai penyebab myasis sangat tergantung pada kondisi ekologi. Daerah yang memiliki pepohonan, semak-semak dan sungai merupakan tempat ideal untuk kelangsungan hidup lalat-lalat penyebab myiasis. Pengendalian populasi C. bezziana tidak mungkin diarahkan dengan melakukan penebangan hutan atau pembakaran semak-semak, karena akan mengganggu ekosistem lainnya. Sejauh ini, berbagai upaya pengendalian dan pemberantasan C. bezziana telah banyak dilakukan. Penggunaan insektisida atau pestisida dilaporkan kurang efektif untuk mengurangi populasi lalat ini (Partoutomo, 2000). Pembuatan vaksin rekombinan yang diekspresikan ke dalam Escherichia coli juga tidak mampu memberikan tanggap kebal yang protektif (Sukarsih et al, 2000; Wijffels et al, 2000; Voucolo et al, 2000). Metode Sterile Insect Technique (SIT) dan pengembangan pemikat lalat (attraktan) juga masih dilakukan dan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan (Spradbery et a., 1983 ; Urech et al, 2001).
Menurut Snow et al, (1982) bahwa efektivitas SIT dapat ditingkatkan dengan cara mengurangi jumlah populasi lalat dewasa, terutama ketika populasi lalat ini mengalami peningkatan di alam . Salah satu metode yang dilakukan adalah Screwworm Adult Suppresion System (SWASS) yaitu mengkombinasikan penggunaan umpan (bait), perangsang pakan (feeding stimulant) yang terdiri dari campuran tepung darah, gula dan bongkol jagung dan insektisida yang dibentuk menjadi pelet kemudian disebar dengan pesawat (Coppedge et al, 1980) . Metode lainnya disebut dengan nama bait station yaitu penggunaan elemen yang sama dengan SWASS dalam suatu alat yang permanen kemudian
diletakkan di atas tanah (Coppedge et al, 1981). Kedua metode di atas menggunakan campuran pemikat sintetik swormlure (SL-2) (Jones et al, 1976; Coppedge et al, 1977) dengan insektisida dichlorovos . SWASS dilaporkan cukup berhasil untuk mengurangi populasi lalat dan menurunkan jumlah kasus myiasis di USA dan Mexico. Kelemahan metode ini adalah kurang efektif untuk daerah yang lembab, daerah yang banyak mempunyai saluran air dan hanya bertahan 3 - 5 hari (Snow et al, 1982).
Steril Insect Technique (SIT), yaitu pelepasan lalat jantan yang disterilisasi dengan teknik radiasi dan telah dikembangkan sejak tahun 1950 oleh Knipling dan dilaporkan cukup efektif (Glanville, 2002; Whitten, 2002). Roehrdanz dan Johnson (1988) berpendapat bahwa di dalam program kontrol biologis seperti SIT, keberhasilannya sangat tergantung pada pemahaman yang jelas tentang keragaman genetik yang ada di dalam populasi tersebut. Apabila dalam suatu populasi hama insekta diketahui terjadi sibling maka program metode SIT tidak dapat dilaksanakan karena harus mempersiapkan begitu banyak koloni insekta dari berbagai daerah untuk diradiasi.
Selama ini keragaman genetik di dalam populasi C. bezziana masih menjadi pertentangan di kalangan peneliti. Spradbery (1991) menuliskan hasil analisis morfologi bahwa C. bezziana di dunia dibagi menjadi tiga ras yaitu ras Afrika, Arab dan Asia Tenggara. Hasil ini bertentangan dengan Brown et al, (1992) dan Brown et al, (1998) yang menyimpulkan bahwa C. bezziana merupakan spesies tunggal berdasarkan analisis hidrokarbon kutikular sedangkan analisis isoenzim dan sitologi menunjukkan tidak adanya sibling species dalam populasi C. bezziana (Strong dan Mahon, 1991 ; BEDO et al, 1994). Berbeda dengan peneliti-peneliti sebelumnya, Hall et al, (2001) menguji keragaman populasi C. bezziana yang berasal dari sebelas negara berdasarkan gen sitokrom b (279 pb) dengan primer CB3FC -NINFA serta morfologi kepala, tubuh dan sayap. Data yang diperoleh berdasarkan analisis filogenetik mengindikasikan adanya dua ras C. bezziana di dunia, yaitu ras sub-Saharan Afrika dan ras Asia termasuk kawasan Teluk. Wardhana et al, (2004) melaporkan bahwa populasi lalat C. bezziana yang ada di Indonesia secara genetik berbeda dengan populasi lalat di Asia, namun lalat di Sulawesi Selatan identik dengan populasi Papua New Guinea. Hasil yang menarik terjadi pada populasi di Sumba Timur karena di dalam satu wilayah mempunyai dua populasi yang secara genetik berbeda (Wardhana et al, 2004). Analisis mitokondria DNA masih dalam penelitian yang diarahkan pada populasi lalat di Pulau Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Papua dan Sumatera (Wardhana, unpublished).
Adanya perbedaan pendapat ini masih perlu diluruskan untuk mengambil langkah selanjutnya dalam mengendalikan populasi lalat C. bezziana di lapang. Oleh karena itu, International Atomic Energy Agency (IAEA) menghimpun peneliti-peneliti entomologi dan biologi molekuler baik peneliti lalat Cochliomyia hominivorae maupun C. bezziana di dunia untuk bekerjasama dalam upaya pengendalian populasi lalat-lalat tersebut menggunakan SIT.
Langkah pengendalian yang lain adalah pembuatan pen-Rat lalat (attractant). Penelitian tentang pemikat lalat myiasis telah dilakukan sebelum tahun 1970-an dengan tujuan untuk mengganti hati sapi yang secara tradisional mampu memikat lalat jantan. De Vaney et al (1973) melaporkan bahwa formula pemikat yang terbuat dari darah sapi yang terkontaminasi dengan bakteri, darah steril yang diinokulasi dengan bakteri, darah yang mengalami defibrinasi dan plasma darah mempunyai respon yang cukup tinggi terhadap lalat C. hominivorax. Grabbe dan Turner (1973) berhasil mengisolasi dan mengidentifikasi senyawa fenol, p-cresol dan indol sebagai komponen utama yang terdapat dalam sediaan darah tersebut. Hasil ini didukung oleh Jones et al. (1976) yang mendapatkan respon lalat yang cukup tinggi ketika ketiga senyawa tersebut dicampurkan, tetapi menjadi sangat rendah apabila diuji dalam bentuk tunggal. Berdasarkan hasil isolasi Grabbe dan Turner (1973) maka Jones et al (1976) mengembangkan suatu pemikat sintetik untuk lalat C. hominivorax yang diberi nama swormlure. Coppedge et al (1977) meningkatkan daya pikat swormlure dengan cara mengurangi proporsi komponen-komponennya dan menambahkan dimetil disulfida (DMDS). Formula baru ini diberi nama swormlure 2 (SL-2) dan dilaporkan mampu menekan populasi C. hominivorax di lapang dengan metode Screwworm Adult Suppresion System (SWASS) (Coppedge et al, 1980) . Metode ini hanya efektif untuk daerah kering dan kurang efektif untuk daerah yang lembab (Snow et al, 1982). Pemikat SL-2 juga pernah diuji oleh Sprabery (1979) untuk memonitor lalat C. bezziana di Papua New Guinea tetapi lalat yang tertangkap dilaporkan kurang dari 1%. Formula terbaru dikembangkan oleh Mackley dan Brown (1984) sehingga diperoleh swormlure 4 (SL-4) dan cukup selektif dalam menangkap lalat C. hominivorax (Warnes dan Green, 1992) . Wardhana dan Sukarsih (2004)
mengembangkan suatu metode untuk menguji daya pikat SL-2 baik pada kondisi laboratorium maupun semi lapang. Beberapa kandidat pemikat diuji menggunakan metode tersebut sebelum diuji di lapangan. Meskipun, analisis senyawa volatil dari luka myiasis untuk pembuatan pemikat juga masih belum memberikan hasil yang optimal (Wardhana et al, 2005), dua formula baru telah berhasil ditemukan dan terbukti mempunyai efek yang sama dengan SL-2 (Wardhana et al, 2005). Keuntungannya formula baru ini adalah komposisi bahan kimia yang dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan SL-2. Secara tradisional pemikat yang digunakan untuk memonitor populasi lalat screwworm adalah gerusan hati. Meskipun SL-2 mampu memikat lalat C. bezziana lebih banyak tetapi hati sapi segar dapat digunakan sebagai pemikat alternatif oleh peternak-peternak tradisional di pedesaan atau pada daerah-daerah yang tidak memungkinkan tersedianya SL-2 (Wardhana dan Sukarsih, 2004)

Ø  Pengawasan Lalulintas Ternak
Taylor et al. (1996) berpendapat bahwa pemasukan dan pemindahan ternak dari satu daerah ke daerah lain dapat menjadi jembatan penyebaran lalat penyebab myiasis. Laporan lain juga menyebutkan bahwa manusia diduga menjadi sarana penyebaran lalat C. hezziana dari lokasi geografisnya. Pendapat di atas didukung oleh kejadian myiasis di sungai Mississippi. Seperti yang dituliskan oleh Wyss (2000) bahwa Wartazoa Vol 16 No . 3 Th. 2006 sebelum tahun 1933 tidak pernah dilaporkan adanya kasus myiasis di sungai Mississippi, namun setelah adanya kiriman sapi yang terinfeksi ke Georgia pada Juli 1933 maka kasus myiasis tersebar dengan cepat di daerah sekitar sungai ini, bahkan sampai mencapai Florida Selatan. Para peternak melaporkan adanya peningkatan jumlah ternak yang mati, kebutuhan insektisida, obat-obatan hewan dan penurunan berat badan serta produksi susu akibat serangan lalat screwworm. Kondisi yang sama juga diinformasikan oleh Roehrdanz dan Johnson (1988) yang menuliskan bahwa kasus myiasis tidak pernah dilaporkan di Bahamas sampai tahun 1943. Wabah myiasis baru terjadi ketika mendatangkan kambing dari Kuba ke daerah Bahamas. Bukti lain adalah hasil analisis DNA mitokondria yang dilakukan oleh Wardhana et al. (2004) terhadap populasi lalat C. bezziana di Sidrap-Makassar. Hasil ini memberi kesan bahwa di daerah Makassar terdapat populasi lalat yang identik dengan populasi Papua New Guinea atau populasi lalat Papua New Guinea merupakan bagian dari populasi lalat yang berasal dari Makassar. Dugaan ini perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui apakah populasi lalat dari Makassar berasal dari Papua New Guinea atau sebaliknya . Penyebaran populasi tersebut diduga karena adanya transportasi ternak yang terjadi pada masa lampau atau sekarang. Ternak yang menderita myiasis atau mengandung larva C. bezziana pada masa itu terbawa ke lokasi penjualan ternak. Sepanjang perjalanan menuju daerah, larva yang sudah matang berpotensi untuk jatuh ke tanah, membuat terowongan kecil dan menjadi pupa kemudian berkembang menjadi lalat dewasa . Peristiwa-peristiwa di atas dapat dijadikan bukti bahwa kiriman ternak dari daerah satu ke daerah yang lain sangat memungkinkan menjadi media penyebaran lalat C. bezziana antar pulau di Indonesia atau antar negara di dunia . Oleh karena itu, langkah-langkah pengendalian tersebut perlu ditindaklanjuti dan dilakukan dengan serius sehingga kasus myiasis pada ternak maupun manusia dapat diminimalkan .


Referensi

Partoutomo, S. 2000. Epidemiologi dan pengendalian myiasis di Indonesia. Wartazoa

Muharsini, S ., A.H. Wardhana, Habib dan A. Bahagiawati . 2003 . Karakterisasi isolat Bacillus
thuringiensis dari beberapa daerah Jawa dan Sulawesi Selatan untuk kontro1 biologi lalat Myasis Chrysomya bezziana . JITV 8(4) : 256 - 263

Wardhana, A.H., S. Muharsini dan W. Asmara. 2004. Keragaman genetik populasi lalat myasis Chrysomya bezziana di Indonesia berdasarkan analisis DNA mitokondria. JITV 9(2): 108 - 114.

WARDHANA, A.H., SUKARSIH dan R. URECH. 2005a. Identifikasi senyawa volatil dari luka myasis dan responnya terhadap lalat Chrysomya bezziana . JITV 10(1): 41 - 50.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar